rtikmajalengkaRelawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Majalengka memberikan pelatihan pembuatan website, pengelolaan website dan sosialisasi internet sehat kepada para kepala desa, perangkat desa dan operator desa seKecamatan Banjaran, Minggu (18/1) di Balai Desa Banjaran.

Ketua RTIK Kabupaten Majalengka H. Budi V. Kusnadi mengatakan website desa sangat penting untuk mengenalkan potensi desa ke dunia luar dan sebagai akses informasi masyarakat desa.

“Apalagi dengan ditetapkannya UU nomor 6 tahun 2014, kedudukan dan posisi desa sangat strategis sebagai ujung tombak pembangunan di bawah,” ungkapnya.

Ia mengatakan RTIK siap membantu dan memfasilitasi desa-desa baik dalam bidang TIK maupun memfasilitasi dan berkoordinasi dengan OPD dan pemerintah daerah.

“RTIK saat ini mempunyai anggota 120 desa dan semuanya sangat antusias untuk membangun desa tidak hanya di bidang TIK namun hal lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu pengurus RTIK Herry Supriyadi(papihkumis) mengatakan selain memberikan pelatihan dan pembuatan website, RTIK juga melakukan sosialisasi internet sehat untuk mendukung teman-teman di desa dan sebagai tahapan-tahapan untuk mewujudkan e- goverment secara keseluruhan dan komprehensif.

Sosialisasi internet sehat dan pelatihan website ini menurutnya tidak hanya untuk pamong desa namun termasuk menjalin kemitraan dengan OPD-OPD yang terkait dengan Desa seperti BAPPEDA,Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan KB, Bagian Tapem dan pihak Kecamatan.

“RTIK berkoordinasi dan sinergis dengan kebijakan OPD-OPD dan pemerintah daerah dalam mengembangkan desa,” ungkapnya.

Menurutnya dengan data yang tersimpan di desa bagus dan akurat serta update akan bersumber kepada perencanaan pembangunan yang benar.

“Kalau data di desa bagus dengan terkoneksi ke Bappeda akan timbul perencanaan yang benar, maka evaluasi dan hasil pembangunan pun akan bagus, sebaliknya kalau datanya kacau bagaimana akan timbul perencanaan yang benar, evaluasi dan hasilnya pun akan tidak benar,” tandasnya. (AB)

Share Button