Nunuk Baru (Mei 2015), Tiga tahun lebih perjalanan roda pemerintahan Desa Nunuk Baru setelah dimekarkan dari Desa sebelumnya yaitu Desa Cengal Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, merupakan hal terberat yang dirasakan oleh pelaksana Pemerintah Desa dikarenakan banyak paktor, seperti masalah pembiayaan terutama untuk operasional Desa sendiri. Dengan hanya mengandalkan bantuan keuangan dari pemerintah saja seperti ADD dan IP tanpa adanya bantuan lain karena minimnya sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) sementara Kepala Desa beserta perangkatnya harus membangun wilayah seluas ±1.900,51 Ha dan melayani masyarakat di 7 (tujuh) Dusun dengan jarak rata2 dari masing-masing Dusun ± 3-5 KM hal ini cukup menyulitkan untuk bisa maksimal dalam pembangunan.

Kendati dirasakan cukup sulit tapi cita-cita awal dari Kepala Desa sendiri adalah Nunuk Baru harus maju dan terus membangun, setidaknya bisa sejajar dengan Desa-Desa lain. berdasarkan hal tersebut Desa harus bisa mendorong menciptakan usaha-usaha dengan menggali potensi sumber daya alam dengan mendorong peningkatan pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Tahun 2014 Undang-Undang Desa disahkan serta didukung dengan Peraturan-Peraturan lainya ini merupakan pendorong kuat untuk bisa segera mewujudkan cita-cita tersebut, bahkan Peraturan Menteri Desa telah jelas mendukung peningkatan perekonomian Desa melalui BUMDES nya.

DSC02030Beberapa Usaha Kecil kelompok masyarakat telah mulai berjalan dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada walaupun dengan permodalan seadanya, misalnya saja di Nunuk Baru sangat melimpah Batu baik di sungai atau diperbukitan, dan telah mulai dimanfaatkan terutama untuk bahan aksesoris/sauvenir seperti batu cincin dll. Pembuatan batu Asahan juga batu alam untuk bahan bangunan.

Menurut Kepala Desa Nunuk Baru “ Sebenarnya potensi untuk menambah PADes melalui peningkatan perekonomian di Desa kami sangat banyak selain potensi wisata, batu alam, sertadibidang pertanian dan Hortikultura selain padi ada Jagung yang merupakan produk unggulan Masyarakat, Bawang Merah, Cabe Rawit dan kacang Kedelai. Untuk peternakanya ada Itik, Penggemukan Sapi, Kambing, Domba dan semua ini memang belum bisa kami kelola sepenuhnya tapi kami yakin ketika BUMDES “ Rahayu Mandiri” Desa Nunuk Baru telah mampu mengelola  semua potensi yang ada maka cita-cita kami menjadi Desa mandiri akan segera terbukti “ amin.

DSC02016 DSC02029 DSC00412 DSC00407

 

 

 

 

 

sumber : http://nunukbaru.desa.id

Share Button