IMG_20150528_1422274

Tidak adanya hujan  selama hampir dua bulan terakhir mengakibatkan kekeringan di beberapa Desa di kecamatan Kertajati termasuk di desa Kertajati,hal ini mengakibatkan banyak petani yang sedang bertanam padi mengusahakan sistem pengairan dengan pompanisasi,namun meskipun itu telah dilakukan tetap saja kebutuhan air untuk sarana pertanian  tidak terpenuhi.

Selain hujan yang tidak ada, kekeringan ini diakibatkan  juga oleh kurang baiknya saluran irigasi yang ada sehingga ketika datang air pembagian dari saluran irigasi sub induk Cilutung pemanfaatan air kurang maksimal dan efisien.

Pak Kadma (56Th) menambahkan “kekurangan air yang terjadi di desa Kertajati salah satu penyebabnya dikarenakan kurang sabar dan kurang kesadaran dari para petani saat ada pembagian air dari saluran irigasi,andai saja ketika ada pembagian air tidak berebutan maka lahan yang ada bisa diairi dengan merata”.

Para petani hanya bisa berharap hujan akan ada walaupun dan saluran irigasi serta pengaturan air pembagian untuk mengairi lahan pertanian segera bisa diperbaiki.

 

sumber :http://kertajati.desamajalengka.or.id

Share Button