Teknologi open source telah ada hampir sepanjang sejarah terbangunnya komputer. Teknologi dianggap “open source” saat kode perangkat lunak yang digunakan untuk membuatnya bekerja telah dirancang khusus untuk memudahkan akses.

Transparansi ini memungkinkan bagi masyarakat programmer untuk memeriksa kode sumber, dan untuk membuat perubahan atau perangkat tambahan untuk meningkatkan teknologi.

Itu tidak sampai tahun 1990-an dan komersialisasi internet bahwa teknologi open source menjadi mainstream. Teknologi ini semakin didorong menjadi pusat perhatian sebagai akses internet menjadi lebih terjangkau untuk rumah tangga dan semakin tersedia secara gratis di banyak sekolah dan perpustakaan. Seiring dengan peningkatan pengetahuan konsumen teknologi, kode sumber terbuka kemungkinan akan terus menjadi pilihan populer bagi programmer.

Teknologi open source, dalam bentuknya yang paling benar, adalah setiap kode yang tersedia untuk umum dengan pembatasan hak cipta sedikit atau tidak ada pada bagaimana hal itu dapat diubah atau digunakan.

Seiring dengan peningkatan jejaring sosial, bagaimanapun, teknologi open source telah berkembang dalam beberapa subset. blog, papan pesan, dan subset jurnalistik teknologi open source memungkinkan bahkan pengguna komputer pemula untuk menjadi bagian dari komunitas internet selalu berubah.

Komunitas blog mungkin adalah bentuk yang paling dikenal adaptasi open source. WordPress ® adalah salah satu platform yang paling sukses dan banyak digunakan blogging open source sepanjang masa. Sebagai sebuah platform open source, WordPress ® dan pesaingnya memungkinkan pengguna untuk memanipulasi kode tersedia secara bebas untuk membuat template blog estetis yang unik.

Selain itu, pengguna dapat membaca kode sumber masih bisa mendapatkan keuntungan dari teknologi sejak media open source memungkinkan interaksi pengguna meningkat dan terawat forum.

Pengguna internet juga memperoleh manfaat dari papan pesan open source. Dasar pesan papan coding secara luas dibagi di antara programmer. Hal ini memungkinkan untuk pertama kali desainer Web untuk copy dan paste kode tanpa pengetahuan sebelumnya dari HTML.

Serupa dengan munculnya budaya untuk blog dan papan pesan komunitas, jurnalisme akar rumput secara teratur menggunakan teknologi open source. Jenis aplikasi open source membuat website jurnalistik tersedia untuk pengguna sehari-hari untuk teks upload, gambar, atau video.

Jadi yang disebut “jurnalisme warga” adalah bisnis yang sedang berkembang, dengan beberapa afiliasi berita utama membayar pengguna Internet aktif untuk memberikan komentar blog atau kolom saran.

Semua jenis perangkat lunak open source yang umum digunakan oleh perusahaan start-up internet. Meskipun pemberian akses holistik dapat membatasi nilai penjualan kembali kode, itu tidak memberikan metode hampir bebas biaya tweaker dan bug menghilangkan. Kode sumber terbuka yang sukses digunakan dan disesuaikan oleh pengguna internet tertarik sampai sebagian besar Glitches nya adalah tetap. Dengan demikian, kode sumber terbuka dapat dipindahkan dari tes, juga disebut “beta,” perangkat lunak untuk perangkat lunak diterbitkan sangat cepat.

Kebanyakan perusahaan besar hanya melakukan in-house pengujian beta, dan teknologi yang kaku hak cipta. Dalam kasus raksasa Web niche tertentu seperti WordPress bagaimanapun, teknologi open source menyediakan pengalaman jejaring sosial yang lebih unik. Sebagai situs jejaring sosial menjadi lebih populer, open source kemungkinan akan juga menikmati peningkatan penggunaan dan ketenaran.

Cara Memiliki Blog Wordpress

Untuk bisa memiliki blog di WordPress ada beberapa langkah yang dilakukan:

  1. Ketik pada address bar browser Anda, alamat website http://id.wordpress.com, lalu akan muncul halaman Wordpress
  2. Kemudian, klik Daftar Sekarang! untuk langkah mengisi data agar terdaftar sebagai pemilik blog
  3. Isilah kolom-kolom kosong yang ditampilkan di dalam formulir, agar Anda bisa memiliki akun WordPress.com dalam hitungan detik
  4. Setelah itu, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa akun Anda sudah aktif. Untuk mengaktifkannya, lakukan konfirmasi terlebih dahulu melalui email yang Anda daftarkan di dalam kolom Alamat Surel (Surat elektronik). Segeralah buka email anda dan carilah mail yang dikirimkan Wordpress.
  5. Jika sudah dikonfirmasi, maka Anda pun sudah bisa mempublikasikan tulisan Anda di blog.
  6. Untuk menguji kembali cara memulai blog, Anda klik Sign Outatau Keluar. Lalu Anda kunjungi kembali situs WordPress seperti di langkah 1. Setelah terbuka, masukkan username dan password yang terdapat di kolom kiri atas.

Fasilitas yang Disediakan Wordpress

Setelah memiliki account, kini Anda pun dapat menikmati beberapa fasilitas lain yang sangat menyenangkan. Di antaranya:

  1. Bisa memasukkan foto pemilik blog dan juga bisa masukkan foto di dalam isi blog. Selain itu, juga bisa memasukkan dan memasang foto di dalam header blog.
  2. Bisa mengubah warna header. Jadi, selain bisa memasukkan foto ke dalam header, kita juga bereksplorasi dengan warna yang diinginkan agar tampilan header berubah sesuai selera.
  3. Bisa memasang SlideShow. Caranya dengan mendaftar di website http://www.share.com. Lalu pilih salah satu situs dimana Anda akan mengambil koleksi foto dan kemudian daftarlah.
  4. Bisa memasukkan video Youtube ke dalam blog.
  5. Bisa membaca artikel terkini dengan cepat. Inilah asyiknya Wordpress, mampu membantu peggunanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan dengan berita yang disajikannya.
  6. Bisa mamasukkan ikon Feed di sidebar melalui tab Presentationdan kliklah Widgets. 
  7. WordPress merupakan salah satu blog yang begitu mudah dikenali oleh search engine seperti Google, Yahoo dan sebagainya

WordPress Versus Blogger

WordPress juga termasuk web hosting yang selalu mendapatkan dukungan dari perusahan besar, sehingga ada perawatan dan backupnya. Selain itu, riset sekaligus pengembangannya  juga terus menerus dilakukan demi memberi kenyamanan dan ketertarikan para pengguna blog Wordpress maupun pengguna internet.

Seringkali ketika seseorang mendengar tentang blog, mereka bingung memilih baik wordpress atau blog blogger. Oleh karena itu muncul pertanyaan, apakah ada ada pilihan blogging lainnya?

Nah ada pilihan lain yang tersedia juga, tetapi blogger dan wordpress adalah platform blogging terbesar di Internet saat ini. Orang mungkin tidak memiliki blog, namun mereka pasti telah mendengar tentang kedua situs, maka dengan menggunakan situs-situs hosting, satu hanya dapat menarik beberapa lalu lintas ke blog.

Sekarang pertanyaan, mana dari keduanya adalah pilihan yang lebih baik untuk blogging dengan titik-titik tertentu untuk perbandingan, juga akan terbukti menjadi tips blogging untuk pemula beberapa.

Bila Anda seorang pemula untuk dunia blogging dan memulai blog, Anda akan dapat membuat blog dan account di blogger sangat mudah. Anda tidak dapat mengambil lebih dari 15 sampai 20 menit untuk menyiapkan blog dan Anda akan dapat mulai posting posting segera. Dalam kasus Anda ingin membuat blog Anda terlihat berbeda, maka Anda dapat menggunakan template blogger banyak, yang tersedia secara gratis.

Di sisi lain, dimulai dari dengan wordpress dapat menyebabkan sakit kepala, jika Anda adalah seorang pemula mutlak dan tidak tahu, apa yang harus lakukan. Masalahnya meningkatkan manifold, jika Anda akan membuat situs hosting.

Jika Anda berharap untuk memiliki kategori untuk blog Anda dan ingin membuatnya terlihat seperti majalah, maka Anda akan kecewa dengan blogger, karena tidak diperbolehkan dengan blogger.

Namun, tidak sama dengan wordpress. Anda dapat menambahkan kategori ke blog dan Anda juga akan dapat menampilkan setiap kategori berbeda pada halaman utama itu sendiri. Dan soal fakta, dengan hak plug-in Anda juga akan mampu membuat majalah seperti portal dengan blog Anda.

Share Button